Umbul Sigedang-Kapilaler adalah wahana wisata mata air (umbul) yang berada di Desa Wisata Air Ponggok tepatnya di Dukuh Umbulsari. Anda dapat merasakan suasana kawasan pedesaan yang tenang, teduh, dengan kesegaran airnya. Terdapat 2 mata air yaitu mata air Sigedang dan mata air Kapilaler. Tempat ini cocok untuk relaksasi, santai bersama dengan teman maupun keluarga.

Mempunyai keunikan umbul atau mata air dengan kualitas yang memenuhi batas syarat air minum dengan debit yang besar. Umbul Sigedang berdekatan dengan sumber/sumur milik PT TIV AQUA Klaten yang airnya mengandung mineral alami digunakan sebagai bahan baku AMDK merk AQUA.

Keindahan flora, terdapat pohon beringin besar berusia tua yang rindang menaungi obyek wisata dan area sekitarnya juga ada pohon besar milik warga, membuat obyek wisata menjadi teduh dan sejuk. Menjadi spot area foto yang eksotis.

Keindahan batuan, bebatuan dan pasir yang berada di atas & dasar Umbul Sigedang/Kapilaler akan menambah keindahan dan menjaga air tetap jernih. Di dalam umbul juga hidup ikan air tawar yang beragam dan besar. Menjadi spot area foto landscape maupun underwater.

Keindahan relief, relief yang beragam (datar dan tinggi) membuat wisatawan dapat menikmati keindahan obyek wisata dari berbagai tempat. Menjadi spot area foto landscape dan panorama.

Rekreasi, sebagai tempat rekreasi karena adanya keunikan dan keindahan yang ada.

Pengetahuan, adanya sumur milik PT TIV AQUA Klaten dapat sebagai referensi bahwa mata air Sigedang/Kapilaler mempunyai kualitas baik, mata air Sigedang/Kapilaler dapat dijadikan obyek Studi Konservasi Air.

Kebudayaan, tradisi padusan oleh masyarakat ketika akan memasuki bulan puasa dan kungkum pada malam pasaran tertentu.

Obyek wisata Umbul Sigedang berlokasi di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kec Polanharjo, Kab Klaten, Prop Jawa Tengah, masuk kawasan Desa Wisata Air Ponggok, sedangkan Umbul Kapilaler secara administratif masuk Desa Karanglo, Kec Polanharjo, Kab Klaten.

Lokasi cukup strategis ± 6 km arah ke barat dari jalan raya utama Solo – Yogyakarta, mudah dijangkau dari segala arah, baik dari arah barat (rute Boyolali-Tulung-Ponggok), arah utara (rute Boyolali-Janti-Cokro-Ponggok), arah timur (rute Solo-Delanggu-Ponggok), dan arah selatan (rute Yogyakarta-Klaten-Karanganom-Ponggok).

Kontributor : K Joko Raharjo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *